Rabu, 10 Desember 2008

Sarapan Sehat Buat Kamu



Sarapan yuuuuuuuuuuu........ks

Hi ... kalo kamu banyak aktifitas tiap waktu (pagi) sebaiknya jangan lupa Sarapan, karena sarapan bagus banget buat kesehatan kita. Jadi disini aku mau kasi Tips yang bisa kamu ikuti :

Sarapan Penting Banget Untuk Aktifitas Pagi Hari

Setelah tidur selama kurang lebih 8 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan. Akibatnya kadar gula darah dalam tubuh menurun. Padahal hari tubuh memerlukan tambahan energi untuk memulihkan kadar gula darah. Makanya kamu yang tidak sarapan akan merasa lemas, nggak bergairah, kurang konsentrasi, ngantuk mulu dikelas atau di kantor. Rugi kan ? Otak kan butuh energi!"

Kapan Sebaliknya Sarapan?

Menurut Dr.Daniel Kirschenbauin, guru besar di Northwestern University, sarapan sebaiknya dilakukan 1 jam sesudah bangun tidur. Maksudnya untuk memberi kesempatan bagi tubuh untuk membuang air besar lebih dahulu. Sebab biasanya sih orang yang belum buang air besar di pagi hari, males banget untuk sarapan.

Segelas Susu Sama Roti?

Belum cukup tuh. Asupan energi di pagi hari penting buat memulai aktifitas. Remaja dan anak-anak membutuhkan tambahan energi sebanyak 25 sampai 30% dari total kalori yang di pergunakan setiap harinya. Jika kalau kamu cuma minum susu dan sepotong roti saja belum cukup. Disarankan sarapanlah dengan menu 4 sehat lima sempurna. Pilih makanan yang rendah lemak biar tubuh gampang mencernanya. Bila kamu merasa mual, minumlah segelas Jus. Jus adalah menu yang paling baik untuk mengisi perut yang sedang kosong. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi multi vitamin jika aktivitas kamu padat.

Jadikan Kebiasaan

Kalau tidak biasa, makan pagi itu terasa susah. Makanya mumpung masih belum tua, biasakan untuk selalu sarapan pagi. Kebiasaan sarapan pagi akan membuatmu merasa lebih baik sepanjang hari.

Sarapan Bikin Badan Stabil?

Saat kamu tidak sarapan kamu akan mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepanjang pagi menjelang makan siang. Atau, kamu mencari-cari minuman yang manis agar badan ga lemes. Kamu tahu kan akibat hobi ngemil dan minum-minuman bergula?.
Menurut Dr.Michael F Roizen, peneliti dari University of Chicago, orang yang sarapan dengan rutin akan membuatnya tampak lebih muda 1,5 tahun. Sedangkan orang yang rutin jam makannya akan membuat tampak awet muda 6 tahun. Tertantang? Sarapanlah biar porsi makan siang kamu menjadi berkurang.

Tidak ada komentar: